HIMPIKA ADAKAN FESTIVAL HARI PAHLAWAN DENGAN BERBAGAI LOMBA

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HIMPIKA) hari ini Selasa 16 November 2021 membuka acara Festival Hari Pahlawan dengan peserta yang berasal dari beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Timur untuk Siswa tingkat SMA sederajat hingga Mahasiswa tingkat perguruan tinggi. Agenda Festival Hari Pahlawan antara lain lomba pidato tingkat SMP hingga SMA, biografi pahlawan tingkat SMA dan Orasi Tingkat mahasiswa dilakukan sepenuhnya beberapa hari kedepan secara daring. Acara resmi dibuka secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini hanya dihadiri oleh undangan terbatas antara lain Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Dosen Program studi PPKN dan perwakilan UKM dan HMP yang tidak sampai memenuhi separuh kapasitas ruangan Graha STKIP PGRI Bangkalan.

Walau dihadiri dengan undangan terbatas acara pembukaan tetap berlangsung dengan cukup hikmad dimana Ketua HIMPIKA Moh Faisol menyampaikan harapannya bahwa dengan dilaksanakannya lomba secara daring ini dapat memacu jiwa patriotisme dan nasionalisme kita di masa pandemi ini sebagai wujud peringatan Hari Pahlawan. Hal ini senada dengan tema acara yaitu “Memacu Semangat Patriotisme dan Nasionalisme” dimana hal yang hampir serupa disampaikan oleh Wakil Ketua III Bidang Akademik Fajar Hidayatullah, M.Pd yang menyampaikan bahwa mahasiswa harus mewujudkan patriotisme dan nasionalisme mereka di era digital dimana saat ini Indonesia belum sepenuhnya merdeka secara digital yang seharusnya ini mulai menjadi perhatian oleh generasi saat ini. Sambutan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan ini disampaikan mewakili Ketua STKIP PGRI Bangkalan yang tidak dapat menghadiri undangan karena sedang mengadiri kegiatan di luar kampus.

Dilaksanakannya kegiatan secara hibrid dimana pembukaan acara yang dilaksanakan secara luring dan pelaksanaan lomba dilaksanakan secara daring tentu semakin menunjukkan bahwa mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan telah siap untuk menyesuaikan diri terhadap berkembangnya era digitalisasi saat ini. Tantangan perubahan zaman pada revolusi industri 4.0 mengharuskan mahasiswa untuk turut berusaha menyesuaikan soft skill yang dimilikinya dalam menjalankan kegiatan dengan memanfaatkan platform digital. Kemampuan digital intelligence harus benar-benar mereka asah untuk dapat bersaing dalam era kini yang juga disebut era disrupsi dimana perubahan dalam segala bidang terjadi sangat cepat sehingga kemampuan kita untuk cepat mempelajari hal baru menjadi salah satu hal utama untuk dimiliki saat ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *